X

Berita

Yuk Bebersih #Chapter 2

Ampenan, Mataram - Bekerja sama dengan komunitas Musuh Bebenes, Bank NTB Syariah menggelar aksi bersih-bersih Sungai bertajuk Yuk Bebersih chapter #2 di muara Sungai Jangkok, Kampung Melayu, Kelurahan Ampenan Tengah pada Minggu, 1 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian dan tanggung jawab Bank NTB Syariah terhadap lingkungan.

Sungai Jangkok yang bermuara di Pantai Ampenan pada bantarannya dipadati oleh pemukiman penduduk sehingga sering terjadi banjir dan menyebabkan polusi air. Kurangnya kesadaran masyarakat yang kerap membuang sampah di saluran dan sungai menjadi pemicunya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) NTB menemukan bahwa pada air sungai Jangkok mengandung rata-rata 290 partikel mikroplastik dalam 100liter air.
Mikroplastik memiliki efek bagi Kesehatan manusia, apabila manusia mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi oleh polutan efeknya akan berlanjut pada metabolisme dan juga akan mengganggu hormon pada manusia.

Dalam usaha melawan sampah dan dampaknya terhadap lingkungan, tidak ada yang terlalu kecil ataupun terlalu besar untuk setiap tindakan. Bersih-bersih yang dilaksanakan bersama dengan Kecamatan, Kelurahan, Karang Taruna, dan Masyarakat sekitar muara Sungai Jangkok mengumpulkan sedikitnya 5ton sampah dalam lebih dari 200 trashbag.

Mengingat aliran Sungai Jangkok mengalir ke Pantai Ampenan yang merupakan lokasi wisata harapannya setelah kegiatan bersih-bersih ini dan pemberian edukasi kepada Masyarakat terkait pentingnya tidak membuang sampah ke Sungai, Masyarakat di sekitar Sungai Jangkok dapat lebih menjaga kebersihan Sungai.

Lurah Ampenan Tengah, Budiawan mengucapkan terima kasih untuk Bank NTB Syariah, tim musuh bebenes, masyarakat, serta kecamatan yang telah mendukung kegiatan lingkungan kelurahan Ampenan Tengah. Dimana menjadi harapan bersama untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran dari masyarakat.

Mari bertindak menjadi agen perubahan dalam menciptakan masa depan yang bersih dan berkelanjutan bagi Masyarakat mendatang. Bersama-sama, kita mampu melawan sampah dan menjaga lingkungan untuk dunia yang lebih baik

Related