X

Berita

Ratusan Murid TK-SD Mengikuti Lomba Tahfidz Al-Qur'an Bank NTB Syariah

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 878 murid mulai tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) dari kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat, mengikuti lomba membaca hafalan ayat (tahfidz) Alquran yang digelar oleh Bank NTB Syariah.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo tersebut, dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, Kota Mataram, pada Sabtu-Ahad (7-8/3/2020).

Lomba tahfidz Alquran tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gelegar Expo 2 Properti & Umrah tahun 2020 Bank NTB Syariah, di mana puncaknya akan berlangsung di Lombok Epicentrum Mall, Kota Mataram, pada 12-15 Maret 2020.

Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo menjelaskan, pihaknya ingin menghadirkan Gelegar Expo Properti & Umrah tahun 2020 dengan nuansa baru dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu yang berbeda, yakni adanya rangkaian kegitan berupa lomba Tahfidz Alquran tingkat TK dan SD.

"Kami mengadakan lomba membaca hafalan ayat Alquran karena sesuai dengan karakter NTB yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid," katanya.

Ia mengatakan Bank NTB Syariah sebagai bank pembangunan daerah yang telah bertransformasi menjadi bank yang menjalankan prinsip usaha syariah juga berkewajiban untuk mendukung penguatan keagamaan di kalangan umat.

Oleh sebab itu, lomba tahfidz tersebut sebagai salah satu upaya untuk membumikan dan mensyiarkan Alquran di NTB, yang dikenal memiliki banyak pondok pesantren dan banyak melahirkan santri dan penghapal Alquran.

"Bank NTB Syariah ingin memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan kemajuan dunia pendidikan berkarakter Islami," ujarnya.

Sementara itu, Lalu Agus, salah seorang orang tua peserta lomba sangat mengapresiasi kepedulian Bank NTB Syariah terhadap dunia pendidikan dan pengembangan karakter anak Islami, khususnya dalam minat menghapal Alquran.

Ia berharap lomba tahfidz Alquran rutin diadakan setiap tahunnya. Sebab, kegiatan tersebut bisa menjadi ajang melatih mental anak dan wadah silaturahmi.

"Kegiatan semacam ini juga mendukung perekonomian masyarakat. Banyak pedangan kecil memperoleh rezeki dari barang yang dibeli oleh peserta," ucap Lalu Agus, sembari memberikan masukan agar ke depannya panitia menyediakan tenda peneduh bagi orang tua dan peserta agar anak-anak tidak kepanasan.

Lomba tahfidz Alquran Bank NTB Syariah tersebut menghadirkan tiga orang dewan juri, yakni Ketua Dewan Ulama Tararekat Indonesia, Dr Abdul Aziz Sukarnawadi, yang juga alumni Mesir dan Sudan.

Selain itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Indonesia (UIN) Mataram, Dr Subhan Abdullah, yang juga alumni Darul Hadist Maroko. Dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Mataram, TGH Abdul Manan, Lc, MA.

Pada hari pertama seleksi lomba diikuti oleh peserta nomor urut 1-500. Kemudian hari kedua diikuti oleh peserta momor urut 501-878.

Ada tiga kategori lomba, yakni TK, SD kelas 1-3, dan SD kelas 4-6. Masing-masing kategori diambil 15 peserta untuk mengikuti grand final yang akan berlangsung pada puncak Gelegar Expo 2 Properti & Umrah Bank NTB Syariah, di Lombok Epincentrum Mall, Kota Mataram, pada 12-15 Maret 2020.

 

Sumber : https://mataram.antaranews.com/berita/106054/ratusan-murid-tk-sd-mengikuti-lomba-tahfidz-alquran-bank-ntb-syariah

Related