X

Berita

Kerja Sama Artajasa dengan Al-Rahji Bank Malaysia untuk Kemudahan Tarik Tunai di Arab Saudi Melalui Jaringan ATM Bersama

JAKARTA – PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) selaku pemilik dan pengelola jaringan ATM Bersama kembali melakukan terobosan dengan penyediaan layanan  transaksi ATM Crossborder di wilayah Arab Saudi. Perluasan transaksi di Arab Saudi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Artajasa dengan Al-Rajhi Bank Malaysia (Al-Rajhi) yang ditandai dengan ditandatanganinya kerja sama yang di beri nama ATM Bersama Crossborder ini, oleh Direktur Utama PT Artajasa Pembayaran Elektronis Bayu Hanantasena dan Chief Executive Officer Al-Rajhi Bank Malaysia Steven Chen di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta (18/02/2020).

Artajasa menjadi yang pertama di Indonesia dan satu-satunya perusahaan Switching yang mengembangkan perluasan transaksi tarik tunai di wilayah Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk membantu jamaah Haji dan Umrah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang tunainya saat melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci.Direktur Bisnis Artajasa Anthoni Morris menjelaskan “Perluasan Jaringan ATM Bersama di Arab Saudi melalui fitur Tarik Tunai diharapkan mampu mempermudah para Jamaah Haji dan Umrah di Indonesia untuk memperoleh uang tunai. Tentunya fasilitas ini tidak hanya terbatas pada para Jamaah Haji/Umrah saja, namun juga dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia yang sedang bepergian di wilayah Arab Saudi. Jelas hal ini juga dapat memberikan added value bagi member Bank ATM Bersama kepada para nasabahnya”.

Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena menambahkan “Artajasa menggandeng Al-Rajhi Bank yang merupakan Bank Syariah terbesar di dunia melalui kerja sama dengan Al-Rajhi Bank Malaysia dalam perluasan layanan ATM Crossborder ini. Sebanyak lebih dari 4500 (empat ribu lima ratus) ATM Al-Rajhi Bank di wilayah Arab Saudi dapat dimanfaatkan oleh nasabah Bank anggota ATM Bersama. Jamaah Indonesia hanya cukup membawa kartu ATM berlogo ATM Bersama yang dimilikinya, dan dapat digunakan di ATM Al-Rajhi Bank untuk mendapatkan uang Riyal”.

Steve Chen CEO Al- Rajhi Bank of Malaysia mengungkapkan “Kolaborasi ini menegaskan kembali komitmen Al Rajhi Bank of Malaysia untuk mendukung perjalanan para jamaah Haji dan Umrah serta untuk lebih meningkatkan produk dan layanan yang sesuai dengan Syariah. Tentunya ini akan memudahkan nasabah Indonesia, dimana Al-Rajhi menyediakan solusi transaksi yang aman, mudah, dan efisien bagi para jamaah Indonesia di Arab Saudi. ”

Saat ini ATM Bersama yang sudah beranggotakan 91 Bank, telah menjalin komitmen implementasi dalam layanan ATM Crossborder ini dengan 13 Bank yaitu 2 (dua) Bank Himbara yaitu Bank BNI dan Bank BRI, 4 (empat) Bank Syariah terdiri dari  Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, Bank NTB Syariah, dan Bank BNI Syariah dan 7 (tujuh) Bank Daerah yaitu terdiri dari Bank Jatim, Bank Jabar, Bank BPD DIY, Bank DKI, Bank Sumut, Bank Kaltimtara dan Bank Jateng . Diharapkan jamaah Indonesia dapat merasakan kemudahan layanan ini pada Umrah bulan Ramadhan tahun ini.Bank Indonesia sebagai regulator Sistem Pembayaran di Indonesia telah menyetujui kerja sama layanan ATM Bersama Crossborder antara Artajasa dengan AL-Rajhi Bank Malaysia.

Sumber : https://www.artajasa.co.id/index.php/post/141

Related