X

Berita

It Works: Perkuat Digital Banking, Bank NTB Syariah Eksis di Tengah Persaingan

It-Works-Perkuat-Digital-Banking-Bank-NTB-Syariah-Eksis-di-Tengah-Persaingan.html

itworks.co.id - Mengantisipasi perkembangan dan persaingan di industri perbankan, Bank NTB Syariah berinovasi dalam memberikan layanan dengan memperkuat digital banking. Langkah ini cukup efektif sehingga bank kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Barat ini tetap eksis di tengah persaingan yang makin ketat.

Demikian disampaikan Muhamad Usman, Direktur Pembiayaan Bank NTB Syariah saat Penjurian TOP DIGITAL Awards 2020 yang berlangsung via daring, Kamis (12/11/2020).

“Kita tahu bahwa pemain di pasar perbankan di NTB banyak sekali bank nasional. Untuk meningkatkan peran bank daerah, salah satu upayanya dengan meningkatkan digitalisasi, digital banking,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada awalnya, Bank NTB Syariah merupakan bank konvensional. Kemudian, pada 24 September 2018 berkonversi jadi bank umum syariah.

“Tantangannya kemudian, bagaimana menjadi bank syariah yang tetap eksis di dunia perbankan, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karena itu, kami merumuskan strategi pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung digital banking. Tujuannya, untuk menghadirkan produk TI  yang berkualitas.”

“Strategi pertama, Bank NTB Syariah harus mampu men-deliver produk dan layanan perbankan dengan cepat, transparan, aman, dan mudah kepada seluruh stakeholder melalui sarana teknologi informasi yang modern.

“Kedua, mampu meningkatkan kualitas infrastruktur teknologi dan reliability system teknologi transaksi perbankan.”

“Ketiga, menciptakan arsitektur dan platform TIK yang handal dan mampu berinteraksi dengan sistem lainnya. Untuk menghasilkan proses kerja yang lebih ringkas, transparan, dan efisien sesuai dengan tujuan strategis yang ada dalam Corporate Plan Bank NTB Syariah,” terang Muhamad Usman.

Infrastuktur Bank

Untuk memperkuat digital banking, Bank NTB Syariah telah mempersiapkan dan mengembangkan sisi core banking system yang mengintegrasikan beragam aplikasi.

“Core banking system ini akan selalu mengalami pengembangan untuk memenuhi semua kebutuhan aktivitas operasional perbankan,” terang Hari Hartanto, General Manager TSI, Bank NTB Syariah.

Terkait jaringan, ia menjelaskan pihaknya sudah menggunakan multi provider access connection, sehingga dapat terjaga dari sisi jaringannya. “Bila ada masalah di satu jaringan, dapat di-cover oleh provider-provider lain agar layanan Bank NTB secara keseluruhan tetap berjalan normal,” katanya.

Untuk akses jaringan, Bank NTB Syariah menggunakan Fiber Optic Connection, VSAT Connection, Machine to Machine Connection, dan Broadband Wireless Access.  Jaringan ini digunakan dengan optimal, efisien, dan saling mem-backup.

Kepada dewan juri, Hari menambahkan, “”Saat ini, Infrastruktur Data Center dan Disaster Recovery Center kami telah mengacu pada standar Data Center Uptime Institute Tier III dan Tier IV. Sehingga dari sisi keamanan, Insyallah kami bisa menjamin Data Center kami paten dan aman terus-menerus tidak memiliki kendala.”

Layanan Digital

Terkait layanan digital, Website resmi Bank NTB Syariah kini lebih transparan dengan lebih membuka diri terhadap informasi aktivitas dan kinerja.

Mobile Banking Bank NTB Syariah, saat ini telah setara, baik secara desain, kemudahan penggunaan, fungsi dan jenis transaksi dengan mobile banking Bank Nasional.

Mobile banking ini untuk bayar air, listrik, PBB, beli pulsa, sehingga Bank NTB Syariah dapat keuntungan dari transaksi digital.

Kemudian, sudah dikembangkan sistem multibiller pada pembayaran electronic channel bank untuk menggarap peluang-peluang baru (potensial).

Dengan adanya multibiller ini, Bank NTB Syariah dapat mengakses dunia pendidikan terkait dengan pembayaran. Saat ini yang sudah kami implementasi di Universitas Mataram, UIN dan pondok pesantren yang ada di TB.

Tak hanya itu, Bank NTB Syariah juga mengembangkan sistem kemitraan strategis melalui teknologi host-to-host dengan institusi pemerintahan dan lembaga keuangan.

“Seperti pembayaran PBB yang dikelola pemda dan pajak-pajak lain, itu sudah kami fasilitasi sehingga pemda dapat mengoptimalkan penerimaan daerah terkait pembayaran.”

“Kami juga mengembangkan sistem yang terintegrasi dengan dompet digital untuk top up uang elektronik seperti OVO, GoPay, LinkAja dan lain sebagainya,” tutup Hari Hartanto.

 

Sumber: https://www.itworks.id/34554/perkuat-digital-banking-bank-ntb-syariah-eksis-di-tengah-persaingan.html

Related