X

Berita

Bank NTB Syariah MoU Dengan GPLI

Mataram - Bank NTB Syariah dan Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI) dengan disaksikan oleh gubernur NTB telah menandatangani MoU terkait budidaya lobster di NTB, Rabu (09/06/2021) di ruang kerja kantor Gubernuran pemprov NTB. Menurut direktur utama Bank NTB Syariah H. Kukuh Raharjo usai penandatanganan MoU dengan GPLI menyampaikan bahwa MoU ini adalah  inisiasi kerja sama antara Bank NTB Syariah dengan Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI) dimana seperti kita ketahui bahwa usaha Lobster ini adalah salah satu komoditi yang insya Allah menjadi andalan provinsi NTB. Untuk budidaya lobster ini ada beberapa perijinan dalam usaha Lobster ini. Sejauh ini pemerintah NTB ingin membudidayakan lobster agar dapat menjadi salah satu komoditi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam keterangan lanjutan, Direktur Utama PT Bank NTB Syariah juga menceritakan bahwa pihak nya bersama GPLI akan mengajukan ke pemprov untuk menyediakan lokasi-lokasi yang dianggap cocok untuk usaha budidaya lobster ini. Dan untuk saat ini baru beberapa lokasi tempat budidaya lobster yang ada di NTB sehingga kedepan kami berharap penambahan lokasi tempat budidaya ini dapat inisiasi oleh pemerintah provinsi. 

Untuk  proses budidaya ini secara gamblang Kukuh Rahardjo menjelaskan bahwa bibit dan pakan disiapkan oleh GPLI lalu perawatan nya petani lobster akan dibimbing oleh tenaga yang akan disiapkan oleh GPLI. Setelah ± 6 bulan atau kira-kira berat telah mencapai 250 gram, petani akan menjual ke pihak GPLI. Di dalam proses ini kami kata Kukuh selaku pihak pendanaan  akan memberikan bantuan dana kepada pelaku usaha ini sebesar 50 s/d 80 juta untuk 1000 sampai 2000 ekor bibit kepada pelaku usaha Lobster tersebut.

Related