X

Berita

Bank NTB Syariah Langsung Memimpin

Bank-NTB-Syariah-Langsung-Memimpin.html

Infobank - Alam rating bank kali ini terdapat 17 bank yang menghuni kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU) 2 dengan aset di bawah Rp 10 triliun. Tujuh bank di antaranya meraih predikat “sangat bagus”, enam bank berpredikat “bagus”, dan empat bank berpredikat “cukup bagus”.

Ketujuh bank yang mendapat predikat prestisius itu adalah Bank NTB Syariah, Bank BCA Syariah, Bank Pembangunan Kalteng, Bank Maluku Malut, Bank Index Selindo, Bank Mega Syariah dan Bank Maspion.

Acungan jempol patut diberikan kepada Bank NTB Syariah. Pasalnya, kerja keras segenap direksi, manajemen, serta seluruh karyawan bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) ini membuahkan prestasi. Di lain sisi, rating ini merupakan rating perdana bagi Bank NTB Syariah semenjak konversi. Bank ini berhasil menorehkan prestasi besar, tampil perdana pada rating, mendapat predikat “sangat bagus”, dan menempati peringkat pertama.

Biro riset InfoBank (birI) mencatat, pada 2019 total aset Bank NTB Syariah mencapai Rp 8,64 triliun atau tumbuh 22,76% secara tahunan. Tumbuhnya aset itu ditopang oleh kenaikan dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan. DPK bank yang dipimpin Kukuh Rahardjo sebagai direktur utama ini naik 38,50% menjadi Rp 6,82 triliun, sementara pembiayaannya tumbuh 14,65% menjadi RP 5,58 triliun. Menutup 2019, laba bank ini melonjak 324,92% ,menjadi Rp 163,25 miliar dari Rp 38,42 miliar pada 2018.

Melesatnya kinerja Bank NTB Syariah tidak terlepas dari konsistensinya dalam menyalurkan pembiayaan ke pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain itu, perseroan sangat mendukung adanya electronic data capture (EDC) bagi UMKM.

Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Infobank Edisi September 2020.

Related