Berita

Bank NTB Syariah Mulai Layani Transaksi SMS Banking

PT Bank NTB Syariah terus menyempurnakan berbagai fasilitas layanan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah dan masyarakat NTB, salah satunya  akan menerapkan layanan transaksi SMS Banking. Untuk menerapkan layanan transaksi SMS Banking, PT Bank NTB Syariah menggandeng PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dan PT eMobile Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dilaksanakan pada acara Pekan Sistem Pembayaran NTB denga tema “Non Tunai Bayar untuk NTB Gemilang’ di Lombok Epicentrum Mall, Sabtu (16/3).

Penandatanganan MoU kerja sama yang pertama antara PT Bank NTB Syariah dengan  PT Telkomsel dalam bidang layanan managed connectivity service dan kedua antara PT Bank NTB Syariah dengan PT eMobile Indonesia dalam bidang penyediaan layanan SMS Banking. Penandatanganan MoU yang pertama tersebut langsung oleh Dirut PT Bank NTB Syariah H. Kukuh Rahardjo dan PT Telkomsel oleh GM SME Sales Management East Area S. Handoyo Hadi. Kemudian kerja sama yang kedua antara Dirut PT Bank NTB Syariah H. Kukuh Rahardjo dan PT eMobile Indonesia oleh Head of Busines Development Darwanto disaksikan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB Farid Faletehan dan perwakilan dari Bank Indonesia NTB serta Kepala BPKAD Kota Mataram H Syakirin Hukmi.

Kerja sama dengan dua perusahaan penyedia teknologi informasi tersebut terkait dengan layanan SMS Banking Bank NTB Syariah. Keberadaan layanan SMS Banking Bank NTB Syariah ini akan semakin mempermudah layanan bagi nasabah dalam setiap bertransaksi dimanapun dan kapanpun.

Dirut Bank NTB Syariah pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa “Dengan adanya layanan SMS Banking ini, maka nasabah itu semakin terbuka memgunakan layanan Bank NTB Syariah. Selama ini Bank NTB Syariah juga sudah punya layanan Mobile Banking dan sekarang dilengkapi lagi dengan layanan alternatif, yakni dengan SMS Banking,”

Selain itu dijelaskan pula bahwa layanan SMS Banking ini memiliki keunggulan cukup banyak dengan layanan transaksi lainnya. Kelebihan bertransaksi menggunakan layanan SMS Bangking, seperti bisa koneksi dimana saja tanpa dengan media data selama ada sinyal seluler. Transaksi SMS Banking bisa untuk melakukan transfer dan menerima transfer rekening bank dan berbagai kemudahan lainnya.

Selain layanan transaksi SMS Banking, Bank NTB Syariah juga sudah memiliki layanan bertransaksi menggunakan QR Code. Transaksi  dengan layanan QR Code tidak perlu lagi dengan menggesek kartu ATM, melainkan cukup dengan menempelkan telepon genggam smartphone ke QR Code yang ditempelkan oleh outlet/toko atau SPBU dan lainnya, maka transaksi bisa dilakukan. Berbagai layanan teknologi digital ini sebagai salah satu upaya Bank NTB Syariah mendukung program pemerintah dalam mensukseskan transaksi Non Tunai.

Sementara itu, Kepala OJK Provinsi NTB Farid Faletehan mengatakan, pemanfaatan layanan teknologi digital oleh lembaga perbankan sebuah keharusan, termasuk PT Bank NTB Syariah dalam rangka meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat di NTB.

“Otoritas terus mendorong  perbankan untuk membuat produk digital dan lebih gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat di pedesaan memperkenalkan pemanfaatan transaksi non tunai,” lanjutnya.

Menurut Kepala OJK Provinsi NTB transaksi non tunai memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan bertransaksi secara tunai. Jika memanfaatkan transaksi non tunai, maka nasabah lebih efisien, efektif, cepat dan aman. Masyarakat tidak lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang bisa berbahaya dari aksi kejahatan.

Related