X

Berita

Dorong Penyaluran KPR, Bank NTB Syariah Gencarkan Kemitraan

Dorong-Penyaluran-KPR-Bank-NTB-Syariah-Gencarkan-Kemitraan

Mataram, 28 Februari 2019

Sebagai bentuk upaya manjadi Bank Syariah yang Amanah, Terkemuka, dan Pilihan Masyarakat, Bank Nusa Tenggara Barat (NTB) Syariah menjalin kemitraan dengan beberapa pihak dalam rangka mendorong penyaluran dana untuk program pembangunan perumahan bersubsidi di wilayah Nusa Tenggara Barat pada tahun 2019. Program kemitraan ini juga menjadi wujud upaya Bank NTB Syariah untuk mensukseskan program Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan yaitu Program Satu Juta Rumah yang bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi pascagempa di kawasan Nusa Tenggara Barat dan menciptakan hunian yang nyaman bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Bank NTB Syariah menggandeng Pusat Pengelolaan Dana dan Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), dan BNI Syariah dalam beberapa bentuk perjanjian kerjasama antara lain Penyaluran Dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan Dalam Rangka Perolehan Rumah Melalui Pembiayaan Pemilikan Rumah Sejahtera Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah, kerjasama tripartit PPDPP serta co-branding kartu pembiayaan BNI Syariah.

Kontrak kerja sama ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko Heripoerwanto, perwakilan PT. SMF serta perwakilan PT. Bank BNI Syariah dan Direktur Utama PT. Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo.

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementrian PUPR Bapak Eko Heripoerwanto, Program Satu Juta Rumah dipandang merupakan gerakan bersama di mana penting untuk menggandeng peran pemerintah daerah, perbankan, serta masyarakat.

Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah, pihaknya telah menyiapkan fasilitas untuk masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa mengakses perumahan. Dukungan itu meliputi subsidi perumahan, subsidi bantuan uang muka, pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN), dan penurunan pajak penghasilan (PPH).

Untuk tahun 2019 ini, Bank NTB Syariah dan Kementrian PUPR menargetkan penyaluran rumah subsidi sebanyak 2.000 unit. Dengan demikian, tujuan utama program kerjasama ini akan semakin terasa kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat.

Related